Tuesday, October 30, 2012

Memperbaiki Flashdisk yang Ngehang

Suatu hari adik saya berkata: "Bund, kok flashdisk siom g bisa dibuka y? G bisa detect di komp?". "Ya nanti bunda cek, flashdisknya nanti ditinggal." kata saya.

Malam harinya, saya pun langsung mengecek flashdisk adik saya. Saya menancapkan flashdisk di laptop, dan tau2 laptop langsung ngehang. Wah, nie flashdisknya trouble nih, perlu diformat kayaknya. Tapi gimana???

Lalu saya pun langsung gogling, mencari artikel dengan keyword "memperbaiki flashdisk yang ngehang". Saya pun kemudian membuka salah satu blog yang memuat artikel tentang memperbaiki flashdisk yang ngehang. Saya pun membaca lalu langsung melakukan langkah-langkah yang disebutkan dalam blog yang saya baca. Alamat blognya http://andisukry.blogspot.com.

Nah, ternyata apa yang diberitahukan oleh blog tersebut dapat mengatasi masalah flashdisk yang kalo ditancepin di laptop/komputer langsung buat komputer/laptopnya ngehang.

Yang saya lakukan adalah:

  1. Mendownload software HP Drive Boot Utility. Walaupun software ini buatan HP, tapi juga bisa digunakan untuk memformat berbagai merk flashdisk lainnya (flashdisk adiknya merknya toshiba). Bahkan katanya bisa juga digunakan untuk memformat memori kamera. Ukuran software ini adalah 45,1 MB.
Download HP Drive Boot Utility

2.   Menjalankan file HP Drive Boot Utility.exe lalu mengekstraknya.
3.   Trus menginstal program HP Drive Boot Utility.
4.   Menancapkan flashdisk yang bermasalah ke laptop. 
5.   Menjalankan program HP Drive Boot Utility. Klik next, pilih drive dari flashdisk yang bermasalah. 
6.   Klik next, next...next...sampai program memformat flashdisk (maaf tidak saya sebutkan secara detail soalnya kepanjangan.

Setelah selesai diformat, eh ternyata flashdisknya bisa langsung digunakan seperti biasanya, langsung kebaca dan g pake bikin ngehang laptop lagi.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan yang sama, selamat mencoba. Smoga berhasil dan flashdisk bisa digunakan seperti sedia kala.

0 comments:

Label Cloud